LAPORAN KARYA WISATA
JAKARTA
-
BANDUNG
DISUSUN OLEH :
1.Maulana Asshifa (12)
2.Muhammad Syarif Hidayatullah (17)
3.Putri Devitasari (22)
4.Sigit Pramono (27)
5.Tafta Rifqi Adam (32)
SMP
N 1 KARANGAWEN
Tahun Pelajaran 2013/2014
i
Motto
1. Sesali masa lalu
karena ada kekecewaan dan kesalahan – kesalahan, tetapi jadikan penyesalan itu
sebagai senjata untuk masa depan agar tidak terjadi kesalahan lagi.
2. Sabar dalam mengatasi kesulitan dan
bertindak bijaksana dalam mengatasinya adalah sesuatu yang utama.
3. Jangan hina pribadi anda dengan
kepalsuan karena dialah mutiara diri anda yang tak ternilai.
4. Segala yang indah belum tentu baik,
namun segala yang baik sudah tentu indah.
5. Jalan terbaik dalam mencari kawan
adalah kita harus berlaku sebagai kawan.
6. Bukan harta kekayaanlah, tetapi budi
pekerti yang harus ditingalkan sebagai pusaka untuk anak – anak kita.
7. Tanah yang digadaikan bisa kembali
dalam keadaan lebih berharga, tetapi kejujuran yang pernah digadaikan tidak pernah
bisa ditebus kembali.
8. Kebaikan tidak bernilai selama
diucapkan akan tetapi bernilai sesudah dikerjakan.
9. Hidup tidak menghadiahkan barang
sesuatupun kepada manusia tanpa bekerja keras.
10. Kemenangan
yang seindah – indahnya dan sesukar – sukarnya yang boleh direbut oleh manusia
ialah menundukan diri sendiri.
ii
PERSEMBAHAN
Karya
Tulis ini saya susun tidak hanya untuk memenuhi Tugas mata pelajaranBahasa inggrisTahun Pelajaran 2013/ 2014, tetapi
juga sebagai sarana untuk menambah
wawasan dan pengetahuan serta lebih mencintai keindahan alam Negarakita
.
Maka kami ucapkan
terimakasih kepada :
1) Bapak kepala sekolah SMP N 1 Karangawen
yang telah memberi kesempatan kami untuk berwisata .
2) Ibu wali kelas kami .
3) Bapak ibu guru pendamping .
4) Semua pihak yang
telah membantu saya dalam penyusunan karya tulis inisehingga karya tulis
ini dapat terselesaikan dengan baik.
Saya
berharap dengan selesainya Karya Tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca khususnya kepada adik-adik kelas
kami semoga karya tulis ini dapatmenjadi penduan untuk kalian kelak
iii
PENGESAHAN
Di Susun Oleh :
1.Putri
Devitasari
2.Maulana
Asshifa
3.Muhammad
Syarif Hidayatullah
4.Sigit
Pramono
5.Tafta
Rifqi Adam
Disahkan
Disetujui
Pada
tanggal ….,Juni 2014 Pada tanggal ….,Juni 2014
Wali
Kelas
Pembimbing
Mulyaningsih,S.Pd Ahmad Sholeh,S.P
iv
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah swt karena telah
melimpahkan nikmat dan hidayahnya sehingga pada kesempatan kali ini kami dapat
menyelesaikan laporan perjalanan study tour ke Jakarta- Bandung dengan baik.
Kami berupaya menyusun laporan perjalanan ini secara
sistematis.Untuk penyajiannya kami dengan kaidah-kaidah Bahasa
Indonesia.
Laporan study tour ini dapat saya selesaikan
berkat bantuan dan dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu saya mengucapkan
terimakasih kepada:
1.
Bapak Ahmad Sholeh,S.Pd selaku kepala sekolah SMPN 1 Karangawen yang telah memberi
kesempatan kepada kami untuk mengikuti kegiatan Study Wisata ke Jakarta- Bandung
2 Ibu Mulyaningsih,S.Pd selaku wali kelas kami yang telah membimbing
kami.
3.
Ibu Wiwik Pratiwi,S.Pd selaku guru Bahasa Indonesia kami yang telah memberikan pengarahan
dalam penyusunan laporan perjalanan ini.
4.
Bapak dan Ibu pendamping
yang ikut mendampingi,mengawasi,dan memotivasi kami selama perjalanan
study wisata.
5.
Tour Leader dari Tamimi Tour yang telah mendampingi kami.
6.
Orang tua dan keluarga kami yang telah mengizinkjan kami untuk mengikuti
kegiatan Study Wisata ka Bandung-Jakarta.
7. Semua pihak yang
telah membantu kami dalam penyusunan laporan perjalanan Study Wisata.
Kami
menyadari bahwa laporan ini kurang sempurna. Oleh karena itu kritik dan
saran yang bersifat membangun dalam kesempurnaan laporan ini sangat kami
harapkan.Akhir kata,kami berharap semoga laporan study wisata
ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, khususnya siswa SMP N1 Karangawen.
Karangawen, 4 Juni 2014
Penulis
V
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ........................................................................................ i
HALAMAN MOTO .......................................................................................... ii
HALAMAN PERSEMBAHAN ………………………………………… iii
HALAMAN PENGESAHAN ………………………………………………… iv
KATA PENGANTAR ....................................................................................... v
DAFTA35R
ISI ................................................................................................. vi
BAB
I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG KUNJUNGAN ............................................................ 1
B RUANG LINGKUP TUJUAN........................................................................... 1
C
TUJUAN KUNJUNGAN.................................................................................... 2
D MANFAAT FUNGSI KARYA ………………………………………………… 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
MONAS ............................................................................................................. 3
B.
TMII …………………………………………………………………………….. 6
C. TRANS STUDIO BANDUNG
………………………………………………… 10
D. CIBADUYU ……………………………………………………………………. 33
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN ................................................................................................. 35
B. SARAN .............................................................................................................. 36
BAB
I Pendahuluan
A. Latar Belakang Kunjungan
Dalam rangka menjalankan program OSIS
tahunan.Siswa kelas VIII selalu melakukan kegiatan karya wisata yang diadakan
sekolah.kali ini kelas VIII tahun ajaran 2013/2014 karya wisata dilaksanakan
pada tanggal 28 –31 Januari 2014 dengan tujuan Jakarta – Bandung .setiap siswa
diberikan surat pernyataan yang berisikan salah satu program osis , yaitu
setelah pelaksanaan karya wisata setiap anak wajib membuat dan mengumpilkan
laporan perjalanan, dan diserahkan pada wali murid .Selain utuk menjalankan
program dari OSIS ,kami berwisata untuk belajar juga, memahami dan mempelajari
secara langsung beberapa tempat wisata yang mengandung unsur sejarah yang dapat
menunjang proses pembelajaran kami di sekolah.Selain unsur sejarah yang dapat
dipelajari dalam beberapa objek wisata kami juga dapat mempelajari beberapa
ilmu-ilmu pengetahuan yang lain yang sangat menunjang proses pembelajaran kami
disekolah.
B.
Ruang
Lingkup Kunjungan
Dalam
Kunjungan kami ada bebeberapa oyek-obyek yang terdapat di kota Jakarta-Bandung
dan kami mengunjungi beberapa obyek itu yaitu:
v MONAS
v TMII
v TRANS STUDIO BANDUNG
v CIBADUYUT
1
C.
Tujuan
Kunjungan
Sesuai
dengan latar belang yang tertulis diatas,tujuan untuk melaksanakan karya
wisata ini adalah untuk :
Ø Memenuhi atau
menjalankan Program Tahunan OSIS.
Ø Untuk dapat
melengkapi dan mengisi Laporan Karya Wisata.
Ø Untuk Mengetahui
Beberapa obyek-obyek wisata yang mengandung beberapa unsur –unsur yang sangat
mendukung proses pembelajaran disekolah.(para siswa tidak hanya melihat atau
belajar sejarah lewat buku)
Ø Untuk lebih mengenal
dan mengetahui beberapa Tempat pembelajaran yang berbentuk tempat wisata.
Ø Sebagai inspirasi dan
semangat jiwa para siswa.
Ø Menambah wawasan para
siswa .
Ø Untuk merileksasikan
diri atau Refresing sebelum melaksanakan ujian kenaikan kelas.
D.
Manfaat
Fungsi Karya Wisata
Menurut
saya manfaat atau fungsi dari diadakannnya kunjungan wisata ini
adalah sebagai berikut ini :
1. Fungsi atau Manfaat umum
ü Untuk melatih keadaan
dan kekebalan tubuh murid .
ü Sebagai pelajaran
diluar sekolah .
ü Melatih kemandirian
siswa sewaktu jauh dari orang tuanya.
ü Melatih
kedisiplinan siswa disaat pelaksanaan karya wisata sedang berlangsung.
2. Fungsi atau Manfaat khusus
ü Untuk dapat mengisi
atau membuat karya tulis.
ü Sebagai sarana
refreshing supaya tidak setres.
ü Untuk hiburan dan
rekreasi.
2
1.
Monumen Nasional (Monas)
Monumen Nasional atau yang dikenal
dengan Monas atau Tugu Monas terletak di Lapangan Monas, Jakarta Pusat,
dibangun pada tahun 1960. Monumen Nasional adalah salah satu dari monumen
peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat
Indonesia melawan penjajah Belanda.
Bentuk Tugu peringatan yang satu ini sangat unik, merupakan batu obeliks
yang terbuat dari marmer yang berbentuk lingga yoni simbol kesuburan
berdasarkan kebudayaan hindu. Tugu ini menjulang setinggi 132 meter
(versi lain mengatakan 137 meter dihitung dengan tinggi ruang yang ada di
bawah tanah 5 meter).
A.
Dasar Dan Tujuan Pembangunan Monumen Nasional
Negara kesatuan Republik Indonesia yang
memiliki wilayah dari Sabang sampai dengan Marauke, diproklamasikan pada
tanggal 17 Agustus 1945 sebagai hasil perjuangan kemerdekaan rakyat Indonesia
dari penjajahan selama lebih kurang 350 tahun. Untuk mengenang
dan melestarikan kebesaran perjuangan bangsa Indonesia yang dikenal dengan
Revolusi Kemerdekaan Rakyat Indonesia 17 Agustus 1945 dan untuk membangkitkan
inspirasi dan semangat patriotisme bagi generasi sekarang dan generasi
mendatang, maka dibangunlah suatu tugu peringatan yang kemudian dikenal
sebagai Tugu Munumen Nasional (Monas).
3
Pembangunan Tugu Monumen Nasional atau
Monas berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 214 Tahun 1959 tanggal 30 Agustus
1959 tentang Pembentukan Panitia Monumen Nasional yang diketahui oleh Kolonel
Umar Wirahadikusumah, Komandan KMKB Jakarta Raya.Pembangunan Tugu Monumen Nasional atau
Monas baru terwujud ketika Republik Indonesia genap berusia
dua windu atas dasar gagasan Presiden RI Pertama Ir. Soekarno, dan pemancangan
tiang pertama sebagai awal pembangunan Tugu Monas dilaksanakan pada tanggal 17
Agustus 1961.Tugu Peringatan Nasional dibangun di areal seluas 80
hektar. Tugu ini diarsiteki oleh Friedrich Silaban dan R. M. Soedarsono dan
penasehat konstruksi adalah Prof.Dr.Ir Roosseno. Pembangunan monas dibiayai
sebagian besar dari sumbangan masyarakat bangsa Indonesia secara gotong royong
dari mulai dibuka untuk umum pada tanggal 18 Maret 1972 berdasarkan keputusan
Gubernur KDKI Kajarta Nomor Cb.11/1/57/72.Tugu Monas mulai dibangun 17
Agustus 1961, dan diresmikan
12
Juli 1975 oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto dan Gubernur
DKI Jakarta Ali Sadikin.
B.
Bagian – Bagian Monas
Monumen Nasional terdiri dari 4 bagian utama
yaitu :
Ø Ruang museum sejarah, terdapat 51 jendela peraga
(diorama) peristiwa sejarah bangsa Indonesia sampai dengan orde baru.
Ø Ruang kemerdekaan, terdapat atribut kemerdekaan Republik
Indonesia, Peta kepulauan Republik Indonesia, Bendera Sang Saka Merah Putih,
Lambang Negara Bhineka Tunggal Ika, dan pintu Gapura yang berisi Naskah
Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
Ø Pelataran puncak, di pelataran ini, pengunjung dapat
menikmati pemandangan seluruh penjuru kota Jakarta di ketinggian 115 M dari
permukaan.
Ø Lidah api kemerdekaan, terdapat di pelataran puncak yang
terbuat dari perunggu seberat 14,5 ton dan berdiameter 6 m, terdiri dari 77
bagian yang disatukan.
4
C.
Pelataran Puncak
Tinggi pelataran cawan Monas adalah 17 meter dan tinggi
ruang museum sejarah 8 meter. Luas cawan yang
berbentuk bujur sangkar berukuran 45m X 45m merupakan pelestarian angka kramat
Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17-8-1945. Pelataran puncak dengan
luas 11 meter x 11 meter dapat menampung sebanyak 50 pengunjung. Pengunjung kawasan Monas, yang akan menaiki
pelataran tugu puncak Monas atau museum, dapat melalui pintu masuk di seputar
plaza taman Medan Merdeka, Melalui terowongan yang berada 3 meter di bawah
taman dan jalan silang Monas inilah, pintu masuk pengunjung ke tugu puncak
Monas yang berpagar “Bambu Kuning”.
D.
Lidah Api Kemerdekaan
Dari pelataran puncak, 17 meter lagi ke atas, terdapat lidah
api.Pelataran puncak tugu berupa “Api Nan Tak Kunjung Padam” ini melambangkan
Bangsa Indonesia agar dalam berjuang tidak pernah surut sepanjang masa. Obor
atau lidah api yang menyala-nyala ini merupakan simbol semangat perjuangan
rakyat Indonesia yang tak pernah padam dalam meraih kemerdekaan. Konon pada
saat Indonesia merayakan 50 tahun kemerdekaannya pada tahun 1995 sejumlah
pengusaha Indonesia menyumbangkan sejumlah emas sehingga berat total emas yang
melapisi api kemerdekaan di puncak monas menjadi 50 kilogram. Biaya
pembangunan monas adalah 7 Miliar rupiah dan bila di jual, lidah apinya, bisa
mencapai 14 juta rupiah.
E.
Ruang Museum Sejarah Perjuangan
Nasional dan Ruang Kemerdekaan
Landasan dasar Monas setinggi 3 meter, di bawahnya terdapat
ruang museum sejarah perjuangan nasional dengan ukuran luas 80 x 80 meter,
dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Pada keempat sisi ruangan
masing-masing terdapat 12 jendela peraga atau diorama yang mengabdikan
peristiwa sejak zaman kehidupan nenek moyang bangsa Indonesia. Di dalam monas
terdapat 51 diorama. Diorama adalah bahasa Sangsekerta yang berarti dio: dalam,
rama: gambar. Jadi, diorama berarti gambar di dalam.
Ada pula ruang kemerdekaan berbentuk amphitheater yang
terletak di dalam cawan tugu Monas, menggambarkan atribut peta kepulauan Negara
Kesatuan Republik Indonesia, Kemerdekaan RI, bendera merah putih dan lambang
negara dan pintu gapura yang bertulis naskah Proklamasi Kemerdekaan RI.
5
F.
Taman dan Wisata monas
Taman Monas, yaitu sebuah
hutan kota yang dirancang dengan taman yang indah. Di taman ini pengunjung
dapat bermain bersama kawanan rusa yang sengaja didatangkan dari Istana Bogor
untuk meramaikan taman ini. Selain itu Pengunjung juga dapat berolahraga di
taman ini bersama teman maupun keluarga. Bagi Pengunjung yang ingin menjaga
kesehatan, selain berolahraga di Taman Monas.. Di taman ini juga disediakan
beberapa lapangan futsal dan basket. Jika Pengunjung lelah berjalan kaki di
taman seluas 80 hektar ini, Pengunjung dapat menggunakan kereta wisata.Tiket Mulai tanggal 1
April 2010 Monumen nasional buka pukul 09.00 hingga 15.00. Harga tiket menuju
Cawan dan Museum Rp. 3.500,00. Bila pengunjung ingin naik hingga ke pelataran
puncak maka pengunjung harus membeli tiket lagi seharga Rp. 7.500,00 jadi total
Rp. 10.000,00.
5
Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektar atau 1,5
kilometer persegi ini terletak pada koordinat 6°18′6.8″LS,106°53′47.2″BT. Taman ini merupakan rangkuman
kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari
masyarakat 26 provinsi Indonesia(pada tahun 1975) yang ditampilkan
dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, seta menampilkan aneka busana,
tarian dan tradisi daerah.
6
Disamping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau
yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan
Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku), berbagai sarana rekreasi ini
menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.
Gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan
Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan
Ibu Tien Soeharto. Gagasan ini tercetus pada suatu pertemuan di Jalan Cendana
no. 8 Jakarta pada tanggal13
Maret 1970. Melalui miniatur ini diharapkan
dapat membangkitkan rasa bangga dan rasa cinta tanah air pada seluruh bangsa Indonesia.[2]Maka
dimulailah suatu proyek yang disebut Proyek Miniatur Indonesia "Indonesia
Indah", yang dilaksanakan oleh Yayasan Harapan Kita.
TMII mulai dibangun tahun 1972 dan diresmikan pada
tanggal 20
April 1975. Berbagai aspek kekayaan alam dan
budaya Indonesia sampai pemanfaatan teknologi modern diperagakan di areal
seluas 150 hektar. Aslinya topografi TMII agak berbukit, tetapi ini sesuai
dengan keinginan perancangnya. Tim perancang memanfaatkan ketinggian tanah yang
tidak rata ini untuk menciptakan bentang alam dan lansekap yang kaya, menggambarkan
berbagai jenis lingkungan hidup di Indonesia.
7
Di
Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang
berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis
bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat
selalu dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki.
Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili
suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi
Indonesia. Anjungan
provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia,
secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi,
Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan
khas setempat. Anjungan ini juga menampilkan baju dan pakaian adat, busana
pernikahan, baju tari, serta artefak etnografi seperti senjata khas dan perabot
sehari-hari, model bangunan, dan kerajinan tangan. Semuanya ini dimaksudkan
untuk memberi informasi lengkap mengenai cara hidup tradisional berbagai suku
bangsa di Indonesia. Setiap anjungan provinsi juga dilengkapi panggung,
amfiteater atau auditorium untuk menampilkan berbagai tarian tradisional, pertunjukan musik daerah, dan berbagai upacara adat yang biasanya digelar pada hari
Minggu. beberapa anjungan juga dilengkapi kafetaria atau warung kecil yang
menyajikan berbagai Masakan Indonesia khas
provinsi tersebut, serta dilengkapi toko cinderamata yang menjual berbagai
kerajinan tangan, kaus, dan berbagai cinderamata.
Sejak
tahun 1975 hingga tahun 2000 rancangan asli TMII terdiri atas anjungan rumah
adat dari 27 provinsi di Indonesia, termasuk Timor Timur.
8
Akan
tetapi setelah Timor Leste merdeka dan memisahkan diri dari
Indonesia pada tahun 2002, status anjungan Timor Timur berubah menjadi Museum
Timor Timur. Selain itu karena kini Indonesia terdiri atas 33 provinsi,
anjungan-anjungan provinsi baru seperti Bangka Belitung, Banten, Sulawesi
Barat, Maluku Utara, Gorontalo, Kepulauan Riau, dan Papua Barat telah dibangun
di sudut Timur Laut TMII, walaupun ukuran dan luas anjungan provinsi baru ini
jauh lebih kecil dari anjungan provinsi yang telah dibangun sebelumnya.
9
Trans Studio Bandung
Trans Studio
Bandung merupakan salah satu Indoor Theme Park yang besar di Negara kita
setelah yang ada di Makassar.Meskipun demikian,Trans Studio Bandung ini bisa
dibilang lebih spektakuler dan jauh lebih dahsyat dibandingkan dengan Trans
Studio Makassar sehingga hal ini membuat Theme Park Trans Studio Bandung tidak
hanya menjadi yang terbesar di Indonesia ini,akan tetapi juga merupakan yang
terbesar di dunia .
Trans Studio Bandung, juga merupakan taman bermain di
dalam ruangan terbesar di dunia yang dikelola oleh Trans Corp.
Trans Studio Bandung adalah taman bermain di dalam ruangan
kedua yang dibangun untuk menyusul kesuksesan Trans Studio
Makassar yang dibangun pada tahun tahun 2009.
Wahana yang disajikan diberi nama sesuai dengan
program-program yang ada di Trans TV ataupun Trans7.
10
1.Corp Yamaha Racing
Coaster Trans Studio Bandung
Wahana trans studio bandung yang satu ini memang cocok bagi
kalian yang ingin menguji tingginya adrenalin .Karena wahana yang satu ini
dapat melesat dengan kecepatan tinggi ,yaitu 120 km perjam dalam waktu 3,5 detik.Katanya
wahana ini hanya ada di Trans Studio Bandung saja di Indonesia dan hanya ada 3
unit di seluruh di seluruh dunia.2 unit lainnya ada di Amerika Serikat.Hebat
bukan??
2.Jelajah
Trans Studio Bandung
Wahana TSB yang satu ini memberikan kalian pengalaman untuk
berpetualang di dalam
lebatnya hutan Afrika dan bertemu dengan berbagai binatang
buas serta melewati jurang dengan air terjun dengan tinggi 13 meter.
11
3.Giant Swing
TS
Giant Swing adalah sebuah ayunan pendulum raksasa yang
pertama ada di Indonesia.Wahana TSB yang satu ini akan mengajak kalian untuk
berputar-putar pada ketinggian 18 meter.
4.Marvel
superheroes 4D TSB
Wahana ini merupakan sebuah bioskop simulator dengan
teknologi 4 Dimensi pertama di dunia yang menampilkan para superhero karya
terkenal komik Marvel seperti Spiderman,Hulk,ada juga Iron Man,Wolverine serta
musuh-musuh mereka
12
5.Vertigo TSB
Wahana TSB yang satu ini merupakan kincir angin raksasa yang
dapat membawa kalian berputar dengan putaran 360 derajat secara vertikal
6.Special
Effect Action TSB
Wahana ini merupakan sebuah sajian yang mengungkapkan
rahasia dibalik berbagai flm action seperti peristiwa ledakan,tembakan,dan juga
semburan air.
13
7.Negeri
Raksasa TSB
Wahana
permainan TSB yang satu ini membuat kalian mengunjungi sebuah negeri raksasa
yang berada di atas awan dan siap untuk menjatuhkan kalian dari atas awan dan
siap untuk menjatuhkan kalian dari atas ketinggian sekitar 20 meter .
8.Dunia
lain TSB
Wahana
ini memberikan petualangan bagi kalian ke tempat yang penuh dengan misteri dan
suasana horor menyeramkan serta akan membawa kalian ke berbagai tempat yang
dikenal berhantu di wilayah Bandung
14
9.Trans Sciene
Center TSB
Wahana ini merupakan sarana bermain dan juga untuk belajar
ilmu sains bagi anak-anak usia sekolah.
Di Sciene Center TSB ini terdapat 70 buah alat peraga yang
dapat menambah pengetahuan kita.
15
Namun,aku disini hanya menjelaskan beberapa saja dari 70
alat peraga tersebut,karena tidak mungkin jika aku menjelaskan semuanya satu
per satu.
1.
Roda Persegi (Square Wheel)
2.
Cara memainkan alat peraga
dibawah adalah sebagai berikut :
1.Tempatkan
roda persegi di ujung sebelah kiri dari lintasa yang bergelombang
2.Tekan poros
roda yang berwarna hitam dan lihatlah bagaimana roda tersebut berputar
3.Perhatikan bahwa poros roda tetap
berada pada ketinggian yang sama saat berputar
Apa yang akan
terjadi jika kalian mencobanya ?
Roda yang
berbentuk lingkaran dapat berputar dengan halus pada lintasan yang rata karena
jarak pusat roda dengan lintasan selalu sama.
Jika kamu coba
menggulirkan roda persegi pada jalanan yang rata,poros rodanya akan bergerak
naik turun.Dibutuhkan tenagan yang lebih besar agar roda persegi dapat bergulir
pada lintasan yang rata,itulah sebabnya roda persegi tidak dapat terus berputar
dengan sendirinya .
Lintasan
bergelombang ini memiliki bentuk khusus yang disebut catenary curve.Roda
persegi bisa berputar pada lintasan bergelombang karena gelombang pada
lintasan ini menjaga poros roda berada di ketinggian yang sama
16
2.Kurva
Catenary
3.Kotak angin Bernoulli
17
Cara memainkan alat peraga diatas adalah sebagai berikut:
nyalakan blower Bernoulli sehingga bola dapat
melayang,kemudian arahkan posisi blower sesuai dengan keinginan kalian.Apakah
yang terjadi ?Bola akan tetap melayang mengikuti posisi Blower.Kalian juga
dapat melakukan percobaan mengenai ketinggian,kecepatan,dan stabilitas bola
dengan memutarkan pengatur posisi lubang udara.
Bagaimana bola bisa melayang??
Bola melayang ini adalah salah satu contoh dari Prinsip
Bernoulli.Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan Belanda/Swiss yang bernama
Daniel Bernoulli.
Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika
fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida,peningkatan pada
kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan pada aliran tersebut.
Alat peraga ini menjelaskan bahwa tekanan udara rendah jika kecepatannya
tinggi,dan tekanan udara tinggi jika kecepatan udara rendah.
18
4.Gerak
Gelombang (Circling Wave Umbrella)
5.Rantai
Lariat
6. Balon Udara
Panas
Udara
di dalam balon memuai saat suhu menjadi lebih hangat.Udara yang memuai memiliki
tingkat kepadatan yang lebih rendah sehingga lebih ringan dibanding udara sejuk
disekitarnya dan
membuatnya naik sambil membawa balon itu bersamanya.Ketika
udara didalamnya menjadi dingin,balon akan turun.
19
Seorang pilot balon udara hanya dapat mengatur langsung
ketinggian balon ,dengan mengubah suhu udara di dalam balon dan dengan
mengeluarkan panas dari ventilasi di bagian atas .Untuk arah perjalanan ,pilot
harus mengandalkan pergerakan arus angin .
7.
Gravity Rainbow
8.The OscylinderScope
20
9. Harpa Laser
Prinsip dasar Harpa Laser ini adalah saklar yang
dikendalikan oleh cahaya.Ketika sinar laser terputus dan terpatahkan oleh
tangan kalian yang menembus melewatinya,sebuah sinyal diubah menjadi penurun
tegangan pada sensor optik yang disinari laser .Penurun tegangan diterima
melalui komponen-komponen pengatur elektronik ,dan sebuah sinyal dikirim ke
komputer yang mengaktifkan musik dan suara tertentu yang sebelumnya sudah diprogram
pada perangkat lunak.
21
10.Kumparan
Tesla
10. Sky Pirates Trans Studio
Bandung
wahana ini memberikan kalian sebuah
pengalaman menaiki kapal bajak laut dan juga berkeliling Trans Studio Bandung
dengan menggunakan kapal udara
22
11.Kong Climb
Trans Studio Bandung
Wahana yang cocok bagi anda yang senang petualangan dengan
tantangan memanjat dinding untuk mencuri sebuah permata yang dijaga oleh
Kingkong
23
12.Dragon
Rider Trans Studio Bandung
Wahana yang membuat anda gagah karena dapat berpetualang
sambil menunggang naga seperti para ksatria
13.Blackheart
Pirate Ship Trans Studio Bandung
Wahana Trans Studio Bandung yang satu ini diklaim sebagai
area softplay tematik paling besar di Asia Tenggara dengan tempat dan area
bermain yang akan membuat anak-anak merasa betah untuk bermain.
24
14.Pulau
Liliput Trans Studio Bandung
Wahana ini merupakan tempat bermain tematik yang dikhususkan
bagi para balita
15.Trans Car
Racing TSB
Trans
Car Racing menyediakan sebuah track balapan dengan panjang hampir 1 km dengan
kecepatan mobil maksimum 40 km/jam
25
16.Trans
Movie Magic Trans Studio Bandung
Trans Movie Magic memberikan sebuah pengalaman untuk
menonton layar lebar yang jauh lebih nyata kepada pengunjung yang datang kesini
30
17. Trans City
Theatre Trans Studio Bandung
Wahana
Trans City Theatre merupakan sebuah gedung pertunjukan mewah dengan menampilkan
berbagai pertunjukan.Wahana ini diklaim setara dengan Broadway.
18.Amphitheatre
Trans Studio Bandung
Amphitheatre
merupakan wahana yang menampilkan berbagai pertunjukan dengan desain yang
spektakuler serta efect yang spesial
31
19.Si Bolang
Adventure Trans Studio Bandung
Wahana Trans Studio Bandung yang satu ini memberikan sebuah
sajian petualangan dengan berkeliling Nusantara bersama dengan si Bolang,tokoh
dalam acara bocah petualang.
20.Trans
Broadcast Museum Trans Studio Bandung
Wahana Trans Studio yang satu ini memberikan sajian rahasia
yang ada di balik produksi berbagai program yang ada di Trans TV dan Trans 7
32
4.CIBADUYUT
Pusat perbelanjaan oleh-oleh di bandung adalah
disini,cibaduyut.di cibaduyut banyak terjual baju,sepatu,dan oleh-oleh makanan
lainnya,cibaduyut adalah pasar penjualan sepatu terkenal di bandun.Cibaduyut
adalah salah satu pasar sepatu terpanjang di dunia, dimana di lokasi tersebut
merupakan sentra penjualan sepatu hasil kreasi para pengrajin yang ilmu
pembuatannya didapat secara turun menurun.Pada tahun 1989 pemerintah R.I
meresmikan cibaduyut ini sebagai daerah tujuan wisata.
33
Kalau ada kesempatan piknik ke
Bandung, jangan lupa mampir ke pusat sepatu dan tas Cibaduyut.selain barangnya
beragam barang-barang ini sangat murah bagi kita yang mungkin sedang memiliki
uang pas-pasan,karna itu jika berlibur di bandung dan tidak menyempatkan ke
cidaduyut rugi rasanya.
Di sepanjang Jalan Cibaduyut Bandung, kita bisa melihat
toko-toko yang berjejer memajang dagangan yang didominasi oleh tas dan sepatu.
Kalau kita masuk ke dalamnya, kita dapat menemukan lebih banyak lagi. Ada
pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas gendong, dompet, ikat pinggang,
boneka, sandal, dan lain-lain. Harganya pun bervariasi, mulai dari beberapa
puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Sepanjang Jalan Cibaduyut
Bandung banyak berdiri toko toko yang menjual dan menerima pesanan sepatu.
Semua ukuran sepatu dapat dibuatkan di sini. Daerah ini terkenal karena harga
yang mereka tawarkan cukup murah, dan kwalitas yang cukup bagus.
Kita bisa melihat toko-toko yang berjejer memajang dagangan
yang didominasi oleh tas dan sepatu. Jika kita masuk ke dalamnya, kita dapat
menemukan lebih banyak lagi. Ada pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas
gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, bahan kulit untuk mebuat sepatu
atau sendal dan laiWisata Belanja Sepatu Cibaduyut Berkualitas di Bandung
34
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah YME,yang
telah memberi karunia yang sangat besar sehingga penulis bisa melihat semua dan
dapat berkunjung ke tempat wisata di Jakarta.Sehingga penulis bisa menulis
karya wisata ini dengan baik.
Dengan adanya pembuatan karya tulis ini kami dapat
memperoleh manfaat yang akan kami jadikan pelatihan di perguruan tinggi
nantinya. Sehingga dalam pembuatan karya tulis merupakan pelatihan bagi kami
semua. Serta dalam pembuatan karya tulis ini membuat kami lebih terampil dan
bertanggung jawab menyelesaikan tugas yangtaelah kami terima. Dan dari beberapa
objek yang telah kami kunjungi maka dapat kami simpulkan bahwa objek-objek itu
mempunyai potensi dan manfaat dalam berpatisipasi pada pembangunan bangsa
dewasa ini pada masa yang akan mendatang, khususnya di bidang pariwisata,
pendidikan, dan kebudayaan.
Masing-masing objek yang kami kunjungi mempunyai ciri khas
masing-masing. Sehingga tiap-tiap objek mempunyai manfaat dan daya guna yang
lebih luas. Kami selaku siswa sangat senang,karena disetiap tempat yang penulis
kunjungi mempunyai kelebihan dan keistimewaan tersendiri. Kami dapat berekreasi
dengan senang,dan berekreasi ternyata sangat penting dalam menambah wawasan
serta pengetahuan yang besar bagi kita dengan cara bermain. Ditanah air ini
banyak bermacam-macam obyek wisata yang bisa kita kunjungi sebagai sarana
bermain dan belajar.
35
B. Saran-Saran
Untuk pihak pengelola di setiap objek wisata masih terdapat
beberapa keadaan dan prasarana yang diperlakukan sebagai penunjang objek-objek
tersebut antara lain:
Ø Pengunjung hendaknya mendapatkan
pelayana yang menyenangkan, oleh karana itu setiap obyek hendaknya diucapkan
yang bersifat untuk dipamerkan pemeliharaan juga penting dilakukan sehingga
tidak mengecewakan pengunjung.
Ø Obyek-obyek itu di perbaharui atau di tingkatkan lebih
menarik perhatian para pengunjung dan menarik bagi wismassehingga dapat menambah penghasilan dan devisa Negara.
Ø Obyek-obyek yang sifatnya sangat bersejarah bagi Bangsa
Indonesina hendaknya dijaga kemurnian dan kebersihan lingkungan.
Ø Adanya
buku-buku petunjuk dari objek itu sendiri yang memuat keterangan tentang objek
tersebut, sejarah didirikannya, aturan-aturan yang harus dipatuhi dll.
Ø Prasarana dan fasilitas di kawasan
objek wisata di tingkatkan dan ditempatkan di tempat yang strategis untuk
keadaan yang mendesak. Untuk SMP NEGERI
1 KARANGAWEN selaku penyelenggara karya wisata, maka perlu kiranya
untuk:
Ø Menambah waktu kunjungan di setiap
objek wisata, sehingga siswa mendapatkan data-data yang lengkap. Dengan
penambahan waktu diharapkan dapat menggali dan mendapatkan pengetahuan lebih
banyak tentang objek wisata tersebut.
Ø Rencana dipersiapkan dengan matang
agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Ø Tidak perlu menginap di tempat
penginapan yang mewah seperti Hotel, agar mengurangi anggaran karya wisata dan
meringankan biaya.
Demikian karya
tulis ini yang kami buat, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.
36
Tidak ada komentar:
Posting Komentar